Friday, November 27, 2009

Profil David Villa



David Villa

Valence CF Striker
Height: 1.75m. Weight: 69.00kg. Nationality: Spain
Born: 03/12/1981 in
[Profile] David Villa
David Villa
Nyaris Jadi Pekerja Tambang

Andai bukan karena sang ayah, David Villa mungkin tak akan seperti sekarang. Bisa jadi profesinya adalah buruh tambang di Langreo, kota kecil di wilayah Asturias, sebelah utara Spanyol.

Seperti kebanyakan bocah cilik di Spanyol, Villa akrab dengan sepakbola. Sesekali ia menendang-nendang bola bersama teman-teman di SD, entah di lapangan sekolah ataupun di jalanan berdebu.

Berbeda dengan sang ayah, ia justru tak pernah bercita-cita jadi pesepakbola profesional. Pada usia 10 tahun, ia didaftarkan oleh sang ayah di Akademi Sepakbola Langreo, klub di kota kelahirannya. Entah kenapa Villa tak betah di sana. Ia sempat ngambek dan menyatakan lebih suka menjadi pekerja tambang.

Pada usia 14 tahun ia disuruh melamar ke Sporting Gijon dan ternyata diterima. “Ayah selalu mendukungku dan bahkan setengah memaksa. Ia tak pernah menjadi atlet sepakbola profesional, tetapi ia ingin saya menikmati permainan ini,” kenang Villa.

Karena dukungan yang terus-menerus serta tekad baja ayahnya, Villa pun akhirnya serius menekuni sepakbola dan mengubur niat menjadi pekerja tambang.

“Setelah sekian lama berlatih dan karier mulai terbentuk, saya pun tersadar bahwa permainan saya ternyata sudah cukup baik dan bisa mencari nafkah dengan bermain sepakbola,” imbuh Villa.

Debut Timnas

Berkat bakat yang memadai, pria kelahiran 3 Desember 1981 itu dengan cepat berhasil menembus tim utama Sporting Gijon setelah sebelumnya hanya memperkuat tim B.

Di Gijon, Villa mengemas 38 gol dari total 80 penampilan. Performa tersebut membuatnya direkrut oleh Real Zaragoza pada 2003 dan kemudian dibajak Valencia seharga delapan juta pound pada pertengahan tahun 2005.

Selama di Gijon dan Zaragoza, ia membukukan rata-rata satu gol dalam dua partai yang dilakoni. Sementara itu, pada musim pertamanya di Mestalla, Villa langsung mengemas 23 gol dari 35 penampilan awal, termasuk hattrick dalam tempo enam menit melawan Athletic Bilbao.

Dengan kinerja yang semakin memukau bersama Los Ches, wajar Villa diberi kesempatan debut mengenakan kostum timnas oleh pelatih Luis Aragones pada kualifikasi Piala Dunia, dua tahun silam.

Puas dengan penampilannya, Aragones pun menyertakan Villa ke timnas Spanyol. Di Germany 2006, tak hanya menyisihkan beberapa striker kondang macam Fernando Morientes, Villa juga langsung dipercaya sebagai starter untuk berduet Fernando Torres di lini depan. (Barry Manembu/Foto: AFP)

David Villa
Nama Lengkap: David Villa Sanchez
Usia: 25 tahun
Tanggal Lahir: 3 Desember 1981
Tempat Lahir: Langreo, Asturias, Spanyol
Postur: 175 cm/69 kg
Julukan: El Guaje (Si Bocah)
Posisi: Striker
Klub: Valencia
Klub Sebelumnya: Real Zaragoza
Nilai Transfer: 8 juta pound
Nomor Punggung: 7
Klub Remaja: Sporting Gijon B (1999?2000)

Karier
2000-2003 Sporting Gijon 80 tampil (38 gol)
2003-2005 Real Zaragoza 73 (31)
2005- Valencia 52 (33)
Penampilan Timnas: 18 (9 gol)
Debut Timnas: 9 Februari 2005, Spanyol vs San Marino
Prestasi
2004 Copa del Rey (Real Zaragoza)
2004 Piala Super Spanyol (Real Zaragoza)

_____________________________________

Diminati Liverpool dan Chelsea

Di setiap transfer window, baik pada musim panas maupun dingin, nama David Villa selalu dikaitkan dengan klub-klub Inggris. Bukan karena tak dibutuhkan lagi oleh Valencia, melainkan karena ia memang sangat digandrungi oleh para raksasa Premiership.

Menjelang Piala Dunia lalu, ia santer diberitakan bakal mendarat di Anfield. Maklum, Villa memang salah satu tipe striker favorit Rafa Benitez: cepat, kuat, cerdas, dan finisher ulung yang dapat mencetak gol dari mana saja di area kotak penalti.

Fakta bahwa Benitez masih punya hubungan baik dengan para petinggi Valencia juga menambah deras isu tersebut. Namun, Villa tak kunjung muncul sementara Rafa telanjur merekrut Dirk Kuyt.

Di bursa transfer Januari nama Villa muncul lagi. Mengingat harganya yang mahal, terutama buy-out clause (kompensasi yang harus diberikan kepada Valencia) yang mencapai 100 juta pound, Rafa dikabarkan bakal melepas striker Peter Crouch ke Newcastle United guna menambah suntikan dana segar.

Namun, gosip ini dibantah oleh Benitez, yang mengatakan bahwa ia tak perlu menambah striker di paruh musim ini. Ia juga menegaskan tak akan melego Crouch, kendati lini depan Liverpool lebih sering diisi oleh duet Kuyt dan Craig Bellamy.

Selain The Reds, Villa juga sempat dihubung-hubungkan dengan jawara Inggris, Chelsea. Konon, The Blues sempat menawar 15 juta pound. Namun, tawaran itu ditolak. Andai Valencia memberi lampu hijau, pria yang berasal dari kawasan Asturias, Spanyol Utara, itu akan memecahkan rekor transfer. (bry)

____________________________________

Sedaerah dengan Fernando Alonso

Meski menekuni cabang olahraga yang berbeda, ada satu kesamaan yang dimiliki oleh David Villa dan juara dunia Formula 1, Fernando Alonso. Ya, keduanya berasal dari daerah Asturias, kawasan di sebelah utara Spanyol.

Alonso, pembalap termuda yang sukses jadi juara dunia balapan jet darat, lahir dan dibesarkan di Oviedo, sementara Villa tumbuh dan dibesarkan di Langreo.

Seperti jamak yang terjadi di negara-negara besar lain, termasuk Indonesia, bahasa dan dialek yang digunakan di sejumlah kawasan di Spanyol tidaklah sama.

Antara bahasa Spanyol dan bahasa Catalan, misalnya, memiliki sejumlah perbedaan, baik dari kosakata, lafal, ataupun dialek.

Begitu juga dengan Asturias, di mana penduduknya menggunakan beberapa istilah tersendiri yang berbeda dengan yang biasa diucapkan atau yang dipakai oleh masyarakat Spanyol pada umumnya.

Villa, misalnya, dijuluki El Guaje (Si Bocah Laki-Laki), yang artinya kira-kira sama dengan El Nino dalam bahasa Spanyol yang lazim digunakan.

Karena itu, menarik sekali kalau kita mencermati duet Tim Matador di Piala Dunia 2006 di mana skuad asuhan Luis Aragones tersebut diperkuat oleh tandem striker yang sama-sama berjulukan Si Bocah, yakni David Villa (Valencia) dan Fernando Torres (Atletico).

0 komentar:

Post a Comment

recent comment