Sunday, January 22, 2012

Auto Cad : Tutorial bab 3

Pada bab ini kita akan mencoba bagaimana membuat lingkaran dengan menggunakan autocad. 2. Circle Circle atau lingkaran adalah object 2 dimensi yang memiliki ukuran diameter dan jari-jari, adapun circle dapat ditulis dg huruf C di command window atau dengan mengklik icon circle pada icon toolbar. - Circle bebas Perintah: C ┘ Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (klik pada area gambar) Specify radius of circle or [Diameter] <0.0000>: (Klik di sisi yang lain sesuai kehendak anda)
Dengan cara ersebut di atas circle bisa anda buat dg sederhana namun mengabaikan hasil perhitungan. - Circle dengan jari-jari Perintah: C ┘ Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (klik pada area gambar) Specify radius of circle or [Diameter] <0.0000>: 3 ┘ Sekarang anda sudah memiliki lingkaran dg jari-jari 3. - Circle dengan Diameter Perintah: C ┘ Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (klik pada area gambar) Specify radius of circle or [Diameter] <3.0000>: d ┘ Specify diameter of circle <3.0000>: 3 ┘ Sekarang anda sudah memiliki lingkaran dg diameter 3. - Circle dengan 3 titik point Perintah: C ┘ Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: 3p ┘ Specify first point on circle: (Klik point A) Specify second point on circle: (Klik point B) Specify third point on circle: (Klik point C)
Sekarang anda sudah memiliki lingkaran dengan pola dari 3 titik. Untuk option 2P dan Ttr tidak jauh berbeda, namun untuk Ttr khusus digunakan jika anda akan membuat circle yang bersinggungan dengan 2 buah object, misalnya bersinggungan dengan 2 buah garis. Tips: Untuk mengetahui jarak diameter atau jari-jari lingkaran coba anda ketikkan perintah sbb: Perintah: dist ┘ Specify first point: (Klik point Center) Specify second point: (Klik point Quadrant)
Contoh tampilan hasil yang diperoleh sbb: Distance = 1.5000, Angle in XY Plane = 0, Angle from XY Plane = 0 Delta X = 1.5000, Delta Y = 0.0000, Delta Z = 0.0000 Untuk memunculkan option osnap (tanda center dan quadrant), anda bisa membaca materi terdahulu atau melalui perintah ddosnap ┘.

0 komentar:

Post a Comment

recent comment