Sunday, January 22, 2012

Auto Cad : PENGENALAN TAHAP AWAL

BAGIAN LAYAR KERJA
Saya tidak akan membahas panjang lebar tentang judul di atas secara terperinci karena saya yakin anda telah mengetahui bagian-bagian tsb layaknya pada program windows lainnya seperti menu bar, tittle bar dsb.
SETUP AWAL
Beberapa versi AutoCAD ketika pertama kali distart / awal terbuka terkadang memiliki option pilihan template atau option browse file. Agar option ini tidak selalu muncul : Pada Menu bar –> Tools –> Options –> System Pada layanan startupnya pilih “do not show a startup dialog”
CARA MEMASUKKAN PERINTAH
Cara untuk memasukkan perintah di dalam Autocad ada yang melalui menu bar maupun ketik langsung. Misal kita akan memberikan perintah “line” atau garis. Pada menu bar –> Draw –> Line Apabila secara ketik langsung, anda bisa langsung mengetik LINE di command window dari keyboard anda. Untuk AutoCAD versi 2007 ke atas biasanya kotak teks muncul di samping kursor. Setelah anda mengetikkan perintah misal: LINE lalu tekan tombol Enter. Line ┘(Enter)
Maka kursor akan berubah dan siap mengeksekusi perintah (seperti pd gambar).
MEMBATALKAN EKSEKUSI PERINTAH
Ketika anda salah memberi perintah, anda bisa membatalkannya dengan menekan tombol esc pada keyboard. Misalnya, jika anda telah mengetikan perintah LINE ┘(kursor telah berubah) maka anda tinggal menekan tombol Esc. Dan seterusnya anda bisa mengetikan perintah yang lainnya. Line ┘(Enter) Esc
PENYIMPANAN FILE
Seperti halnya program-program yang lainnya, AutoCAD juga mempergunakan perintah save atau saveas untuk menyimpan file. Untuk AutoCAD file yang telah di simpan memiliki extensi dwg (drawing). Pada menu bar –> File –> Save Atau bila diketik: save ┘ atau saveas ┘ untuk membuat nama file yang lain. Catatan : Ketika hendak memberikan perintah dengan ketik langsung yang telah dibuat perlu diperhatikan bahwa format atau tulisan yang diketik jangan menggunakan spasi. contoh : ketika hendak "save as" maka yang harus diketik adalah "saveas" , karena dalam AutoCAD tombol spasi berfungsi sama halnya seperti tombol Enter (┘).

0 komentar:

Post a Comment

recent comment